Jenis-jenis tanah di Indonesia dan ciri-cirinya

Berdasarkan bahan induk dan proses perubahan yang disebabkan
oleh tenaga eksogen, tanah di Indonesia dibedakan menjadi beberapa jenis.
11. Tanah podsolik merah kuning adalah tanah yang terbentuk dari pelapukan batuan yang mengandung kuarsa pada iklim basah dengan curah hujan 2.500–3.500 mm/tahun. Sifat tanah podsolik adalah peka terhadap erosi. Jenis tanah ini banyak terdapat di Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Papua, dan Nusa Tenggara. Di tempat-tempat tersebut, tanah jenis ini diusahakan untuk perladangan dan perkebunan.
22. Tanah organosol adalah tanah yang terbentuk dari bahan induk organik, seperti gambut dan rumput rawa, pada iklim basah dengan curah hujan lebih dari 2.500 mm/tahun. Sebagian besar tanah jenis ini masih tertutup hutan rawa gambut dan
rumput rawa. Di Indonesia, tanah organosol terdapat di daerah pasang surut pesisir timur Sumatra, pantai Kalimantan bagian barat dan selatan, serta pantai Papua bagian barat dan selatan. Tanah organosol yang terdapat di Jawa, pantai barat Sumatra,
dan pantai timur Kalimantan merupakan tanah organosol yang kaya unsur hara.
33. Tanah aluvial adalah tanah yang berasal dari endapan lumpur yang dibawa aliran sungai. Tanah jenis ini bersifat subur sehingga baik untuk pertanian. Dataran aluvial yang luas terdapat di Sumatra bagian timur, Jawa bagian utara, Kalimantan bagian selatan dan tengah, dan Papua bagian selatan.
44. Tanah kapur adalah tanah yang berasal dari batuan kapur dan umumnya terdapat di daerah pegunungan kapur berumur tua. Tanah jenis ini bersifat tidak subur tetapi masih dapat ditanami pohon jati, seperti daerah hutan jati di Pegunungan Kendeng, Blora, Jawa Tengah dan di Pegunungan Sewu, Gunung Kidul, Yogyakarta.
55. Tanah vulkanis adalah tanah yang berasal dari pelapukan batubatuan
vulkanis, baik dari lava yang telah membeku (efusif) maupun dari abu vulkanis yang telah membeku (eflata). Daerah pembekuan lava tidak begitu luas bila dibandingkan dengan daerah abu vulkanis. Contoh tanah vulkanis adalah tanah tufa yang terbentuk dari abu gunung api, dan bersifat sangat subur. Tanah tufa terdapat di Lampung, Palembang, dan Sumatra Barat. Ada beberapa daerah yang terisi abu vulkanis karena letusan gunung berapi, misalnya Bandung, Garut, dan sekitar Danau Toba. Tanah abu vulkanis sangat baik untuk pertanian karena sangat subur. Tanah vulkanis terdapat di Jawa, Sumatra, Bali, dan wilayah lain yang memiliki gunung api.
66. Tanah pasir adalah tanah yang berasal dari batu pasir yang telah melapuk. Tanah jenis ini sangat miskin unsur hara dan kadar airnya sangat sedikit. Tanah pasir terdapat di pantai barat Sumatra Barat, Jawa Timur, dan Sulawesi. Tanah pasir yang terdapat di pantai disebut gumuk pasir atau sand dune dan dipengaruhi oleh angin. Contoh gumuk pasir terdapat di pantai Parangtritis, Yogyakarta.
77.  Tanah humus (bunga tanah) adalah tanah yang terbentuk dari tumbuh-tumbuhan yang telah membusuk. Tanah yang mengandung humus bersifat sangat subur dan umumnya berwarna hitam.
  8.Tanah laterit adalah tanah yang banyak mengandung zat besi dan aluminium. Tanah jenis ini tergolong tanah tua sehingga sudah tidak subur lagi. Tanah laterit berwarna merah muda sehingga disebut juga tanah merah.
Kafi Muslihuddin
Kafi Muslihuddin semangat tinggi, berusaha keras, dan berdoa dengan sungguh itulah yang ada dalam hidupku..

Post a Comment for "Jenis-jenis tanah di Indonesia dan ciri-cirinya "